Monday 22 July 2013

Kesuburan Wanita dan Pria

Banyak Pasangan yang menginginkan Buah Hati sebagai pelengkap di Keluarga Bahagianya. Namun semua pun ada di tangan yang Maha Kuasa Alloh SWT. 
Tapi, ini tidak boleh membuat kita berpangku tangan hanya mengharapkan karunia-NYA tanpa berbuat apa-apa, sedangkan agama mengajarkan do'a harus sejalan dengan ikhtiar. 

Tips Cepat Hamil

  • Berdo'a

Kita sebagai manusia, hanya bisa berdo'a dan berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi, Alloh SWT tahu mana yang terbaik untuk kita.
Kekuatan do'a sangat kuat jadi, berdo'alah ^^

Do'a untuk mendapatkan anak yang sholeh terdapat dalam Al-Qur'an, diantaranya :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin, waj’alna lil muttaqiina imaama. 

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74)

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
Rabbi hablii min ash-shalihiin. 

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (As-Shaffat: 100)

  • Periksa Kondisi Kesehatan Suami dan Istri

Ini merupakan hal yang penting untuk anda lakukan bersama pasangan anda. Datanglah ke Ahli Kandungan SpoG untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi anda dan pasangan karna bila ada masalah maka diperlukan perawatan ataupun pengobatan lebih lanjut.

  • Pola Makan dan Hidup yang Sehat

Pola makan yang sehat disini adalah menjauhi makanan Fast Food dan berminyak dan minuman bersoda juga alkohol. Tambahkan menu makanan berserat dan kaya protein dan bergizi pada menu keseharian anda dan pasangan serta minum air putih.

Bila anda atau pasangan merokok, lebih baik dihentikan, karena akan mengurangi peluang kehamilan.

Rajin olah raga agar badan selalu fit dan berat badan terjaga. Karena berat badan yang lebih atau kurang bisa mempersulit pembuahan, dan juga menjadi masalah saat anda hamil (hypertensi dan lainnya) dan juga bisa mengurangi pembentukan sperma.

  • Masa Subur

Ketahui masa subur anda dan pasangan. Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur, diantaranya :

Sistem Kalender

Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Penggunaan Tools Penghitung Masa Subur

Banyak tools atau software yang sekarang beredar yang dapat digunakan untuk menghitung masa subur.  Dalam tool tersebut anda hanya tinggal memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) setelah itu akan muncul tanggal perkiraan masa subur seseorang.

Kalkulator Masa Subur

Dalam sebuah siklus menstruasi, hanya ada satu hari yang benar-benar subur. Jika berhubungan seks tanpa pengaman pada hari tersebut, maka peluang terjadinya kehamilan akan sangat tinggi.

Rencanakan kehamilan dengan mengetahui masa subur. Cukup dengan mengingat-ingat tanggal menstruasi terakhir, kalkulator ini akan menghitung masa subur sekaligus prediksi masa kelahiran jika terjadi kehamilan pada masa tersebut.

Silahkan klik link dibawah untuk menghitung menggunakan Kalkulator Masa Subur.
http://health.detik.com/read/2012/07/19/134338/1969513/1427/kapan-perkiraan-masa-paling-subur-anda

  • Posisi Berhubungan Yang Tepat dan Suasana Santai Saat Berhubungan

Banyak pakar kesuburan berpendapat posisi pria diatas saat berhubungan badan memberikan peluang terbaik terjadinya kehamilan. Agar lebih efektif, wanita bisa mengganjal pinggulnya dengan bantal sehingga serviks-nya bisa menampung banyak sperma dan setelah ejakulasi usahakan agar wanita tetap berbaring dalam posisinya antara 10-20 menit dimaksudkan agar cairan semen tidak mengalir kembali ke vagina yang masih dalam keadaan asam yang dapat menyebabkan sperma melemah dan mati. Hal ini juga dimaksudkan supaya kesuburan seorang wanita dapat terjaga dengan baik.
Kegiatan berhubungan suami istri ada baiknya dilakukan dalam suasana yang santai dan romantis. Saat masa subur tiba dan direncenakan untuk berhubungan, sediakanlah waktu yang cukup. Segarkan badan dengan mandi, jauhi stress dan jangan memikirkan hal lain.

  • Ketahui Mengenai Pengetahuan Dasar Terjadinya Kehamilan

Hal ini juga penting diketahui agar dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mendapatkan kehamilan. Seperti, mengetahui seberapa banyak jumlah sperma normal, kondisi serviks saat masa subur, berapa lama sperma mencapai sel telur, dsb.

  • Minum Vitamin

Untuk dapat cepat hamil, konsumsi vitamin maupun jenis makanan mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk kesuburan anda dan pasangan. Vitamin C, dapat meningkatkan kualitas sperma, Vitamin D atau Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Dan wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki kesempatan hamil yang lebih baik dan juga berperan penting dalam pembentukan tabung otak sang janin kelak.

sumber : http://bidanku.com/

Paket Kesuburan Shaklee

Rangkaian Vitamin dari Shaklee yang dapat membantu Kesuburan Pria dan Wanita


Keterangan : 
  • Kesuburan Pria : Vita-E Complex + Vita-Lea + ESP (add-on)
  • Kesuburan Wanita : GLA Complex + Alfalfa + Vita-E Complex + ESP (add-on)

Vita-Lea

Membekalkan semua nutrisi baik vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Dengan kata lain Vita-Lea memenuhi ruang-ruang kosong dalam tubuh kita di mana mungkin kita tak cukup vitamin/mineral dari menu harian kita. Jadi bila badan sudah cukup nutrisi, pasti badan dapat berfungsi dengan lebih maksimal.

Alfalfa

Untuk wanita membantu dalam hal-hal organ kewanitaan dan mengatasi masalah seperti keputihan dan sebagainya.

GLA Complex

Untuk wanita membantu tubuh menghasilkan ‘cairan kesuburan’ yang dapat menjaga sperma untuk hidup dalam tuba falopi hingga 5 hari.

Vita-E Complex

Untuk pria dapat membantu menjaga kesehatan seksual. Pada sebuah penelitian (seperti dilansir Livestrong) para peserta yang mengkonsumsi 400 mg Vitamin E menunjukkan perbaikan dalam moyilitas sperma yang berdampak langsung terhadap kesuburan pria.
Mengkonsumsi Vitamin E juga dapat membantu meningkatkan gairah seks dengan meningkatnya kadar testosteron dalam tubuh. Tanpa testosteron yang cukup, stamina seksual dan gairah akan menurun.
Untuk pria yang tinggal di perkotaan yang rentan akan radikal bebas yang dapat merusak kualitas sperma. Vitamin E membantu untuk mencegah kerusakan pada sperma dan meningkatkan jumlah sperma dalam tubuh.

ESP

Merupakan sumber protein lengkap yang kaya akan 22 jenis asam amino dimana didalamnya terdapat 9 asam amino penting yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sendiri.
Protein sangat penting untuk pembentukan sel. Elemen genistein dalam soya telah terbukti dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Ia bertindak menghapuskan radikal bebas dalam sel-sel badan yang dapat bermutasi DNA menjadi sel kanker. 
Untuk wanita, sel yang sehat akan memudahkan proses yang berkaitan dengan persenyawaan, pelekatan sel telur, dan menjaga ovari serta rahim dan menjaga siklus haid. Wanita yang ingin hamil disarankan mencukupi kebutuhan protein mereka dari nabati ketimbang hewani.
Untuk pria, menjaga kesehatan prostat.

Gabungan nutrisi di atas memberikan harapan untuk menimang buah hati.. Jangan lupa berdoa pada Tuhan agar dikaruniakan anak. Yang penting, harus jangan berhenti berusaha & berharap pada-Nya.
Kita berusaha, Alloh SWT jua yang menentukan.

------ more info : 


No comments:

Post a Comment